Lambang Kabupaten Bogor, Apa Artinya?

Bagi warga Kabupaten Bogor, mungkin penting untuk tahu arti lambang Kabupaten Bogor, sebuah kabupaten yang berada di sebelah selatan Ibu Kota Jakarta.

Memahami Arti Lambang Kabupaten Bogor

Kabupaten Bogor memiliki lambang yang terdiri dari susunan berbagai simbol dan warna yang penuh makna filosofis.

Simbol-simbol ini tentunya tidak sembarangan diambil, melainkan berkaitan dengan adat, tradisi, budaya, lingkungan, sejarah, dan letak geografis Kabupaten Bogor.

1. Lambang Bagian Inti

Pada bagian paling inti terdapat kujang yang merupakan senjata tradisional rakyat Sunda dan Jawa bagian barat. Kujang sebagai makna keberanian, keagungan, dan kepahlawanan.

Juga terdapat pakujajar yang bermakna keteguhan dalam menjalankan tradisi menurut kepribadian serta nilai positif sebagai perwujudan dalam menjalankan budaya.

Kemudian gambar harupat, memiliki makna kokoh dan kuat. Ini menjadi simbol rakyat Bogor untuk mempertahankan jati diri.

Yang terakhir yaitu telur dengan warna putih yang menjadi wadah kujang, pakujajar, dan harupat. Ini dapat dimaknai sebagai awal dan inti kehidupan yang suci.

2. Lambang Bagian Tengah

Pada bagian tengah terdapat gambar puncak gunung (meru), ini menggambarkan Gunung Salak dan Gunung Pangrango, yang mana keduanya secara geografis adalah batas sebelah selatan Kabupaten Bogor. Puncak gunung berarti suatu harapan yang menjulang tinggi. Ketinggian puncak yang berbeda melambangkan anak tangga guna mencapai harapan atau cita-cita tersebut.

Dua aliran sungai di sebelah kanan dan kiri telur menggambarkan Sungai Ciliwung dan Cisadane yang mengapit Bogor dan berguna bagi pertanian masyarakat Bogor. Alirannya berarti kesuburan.

Segitiga sama sisi, menjadi bingkai gunung, berarti kesuburan, kekayaan alam harus dikelola dan dimanfaatkan tanpa lupa landasan dan nilai – nilai supaya mendapatkan kemaslahatan.

3. Lambang Bagian Luar

Arti lambang Kabupaten Bogor bagian luar yaitu lingkaran. Lingkaran bermakna sebagai perjuangan hidup yang harus diarahkan pada kesempurnaan lahir batin seperti lingkaran penuh yang tak memiliki cacat. Juga bisa berarti bumi yang merupakan tempat hidup manusia.

4. Warna Lambang

Warna-warna yang terdapat pada lambang mulai dari hitam dan putih berarti perjuangan hidup, putih suci, benar, dan bersih. Sedangkan hitam berarti bathil atau suram. Kuning berarti kebesaran atau kejayaan.

Warna dasar hijau berarti kesuburan. Biru adalah warna dengan kesan indah, menunjukkan indahnya Bogor sebagai kawasan wisata.

5. Perisai

Pada perisai memiliki tiga sudut, bermakna tiga komponen yang menegaskan kesejahteraan umat pada kawasan tertentu, disebut Trinangtung di Bumi meliputi masyarakat, ulama, pemerintah dan cedikiawan.

Tiga garis sisi merangkai perisai bermakna tiga hal, iman, ilmu, serta amal. Perisai dengan tulisan TEGAR BERIMAN berarti tameng dan benteng.

6. Makna Rangkaian Kata

Kata PRAYOGA TOHAGA SAYAGA. Setiap kata masing-masing bermakna, utama, kokoh/kuat, dan sedia. Sehingga bermakna pendirian serta perjuangan masyarakat Kabupaten Bogor selalu mementingkan kekokohan pendirian dan perjuangan serta siap sedia menghadapi tentangan guna menggapai cita – cita.

KUTA UDAYA WANGSA berarti kota, fajar, dan bangsa. Ini bermakna mendukung masyarakatnya untuk berjuang. TEGAR BERIMAN adalah akronim Tertib, Segar, Bersih, Indah, Mandiri, Aman, Nyaman; dimana hal ini gambaran dari suasana lingkungan dan masyarakat yang dibentuk dari dasar iman yang kuat.

Demikian ulasan tentang makna lambang Kabupaten Bogor. Banyaknya simbol dan kalimat menjadikan banyak makna filosofis serta sejarah yang panjang di baliknya. Tak ada salahnya bagi warga atau yang menetap di Kabupaten Bogor untuk belajar arti lambang Kabupaten Bogor.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*