Lambang Kota Tangerang Selatan, Apa Artinya?

Tahukah Anda jika Kota Tangerang Selatan tergolong sebagai kota termuda di Provinsi Banten? Berdasarkan catatan sejarah, Kota Tangerang Selatan diresmikan pada tanggal 26 November 2008 sebagai hasil dari pemekaran Kabupaten Tangerang.

Memahami Arti Lambang Kota Tangerang Selatan

Seperti daerah-daerah lainnya, lambang Kota Tangerang Selatan juga ditetapkan dalam peraturan daerah yaitu Peraturan Daerah No. 4 Tahun 2010.

Lambang tersebut juga dibedakan menjadi bagian atas, tengah, dan bawah

1. Bagian Atas

Secara keseluruhan, lambing Kota Tangerang Selatan berbentuk perisai yang memiliki arti keamanan dan perlindungan.

Di bagian atas, juga terdapat tulisan Kota Tangerang Selatan dengan warna merah dengan warna dasar yang digunakan adalah putih.

Di bawahnya, tampak bintang yang melambangkan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan toleransi.

Bintang tersebut diapit oleh 26 butir padi dan 11 kapas yang diikat 8 simpul. Keduanya bermakna kemakmuran, yang mana tampak tergambar di perisai yang memiliki warna dasar biru. Warna ini melambangkan ketenangan dan kebijaksanaan. Sedangkan, kuantitas padi, kapas, dan simpul menunjukkan tanggal, bulan, dan tahun terbentuknya Kota Tangerang Selatan.

2. Bagian Tengah

Pada lambang Kota Tangerang Selatan juga terdapat gambar rumah adat, trap pondasi, pena, dan buku.

Rumah adat juga memiliki beranda, di mana mencerminkan tempat untuk menciptakan tujuan demi kemajuan Tangerang Selatan, sedangkan trap pondasi berjumlah tujuh menggambarkan jumlah kecamatan di Kota Tangerang Selatan pada saat kota ini dibentuk. Rumah adat didominasi warna merah untuk sifat positif.

Di sisi lain, pena dan buku memiliki arti yang berbeda. Keduanya sama-sama melambangkan pendidikan sebagai proses mewujudkan Kota Tangerang Selatan yang cerdas, religius, dan modern.

Jika diamati, bagian tengah dibingkai oleh segi lima berwarna kuning. Hal ini menyimbolkan Pancasila sebagai ideologi negara. Sedangkan, warna kuning mengartikan kecerdasan dan kejujuran.

3. Bagian Bawah

Di bagian bawah juga terdapat motto Tangerang Selatan, yakni Cerdas Modern Religius. Moto tersebut merupakan harapan dan cita-cita masyarakat di masa depan.

Lambang Kota Tangerang Selatan terdiri dari warna biru, hijau, kuning, coklat, merah, dan putih. Hijau mencerminkan keharmonisan, merah adalah keberanian, dan putih melambangkan kesucian.

Demikian makna lambang Tangerang Selatan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*